Kompas.com - 22/04/2022, 09:37 WIB

 

KOMPAS.com - Momentum lebaran menjadi salah satu momen yang selalu disambut suka cita oleh kebanyakan masyarakat, khususnya umat muslim.

Untuk itu, banyak masyarakat membelanjakan beberapa barang saat hari raya. Salah satunya, membelanjakan beberapa barang menggunakan Tunjangan Hari Raya (THR).

THR diberikan kepada mereka yang bekerja di sebuah perusahaan atau Instansi tertentu. Sehingga penting bagi penerima THR untuk dapat mengelolanya dengan baik sehingga tidak terjadi sikap boros.

Meski ibaratnya THR sebagai uang bonus karena diterima di luar gaji bulanan, kadangkala beberapa orang mengunakannya untuk berbagai macam keperluan tanpa adanya suatu kontrol.

Baca juga: Dosen UM Surabaya: Lansia Hendak Puasa, Cek 6 Hal Ini agar Fit

Dosen Ekonomi UM Surabaya, Fatkhur Huda membagikan beberapa tips cerdas mengelola dana THR agar tidak lenyap saat menyambut lebaran.

“Pertama yang harus dilakukan adalah membuat pos keuangan, perlu adanya rincian terkait dengan kebutuhan yang akan dialokasikan dalam menyambut hari lebaran,” tutur Fatkur dilansir dari laman UM Surabaya.

Menurut Fatkhur, dalam mengalokasikan kebutuhan lebaran seseorang harus tetap membedakan antara THR dan gaji bulanan.

Karena alokasi gaji bulanan tetap untuk memenuhi kebutuhan bulanan sebagaimana yang telah anda rencanakan di setiap bulan.

Baca juga: Buka Puasa Makan Junk Food, Ahli Gizi UM Surabaya Beberkan Akibatnya

Sedangkan pos kebutuhan THR dapat dialokasikan untuk kebutuhan membayar zakat, baik zakat fitrah maupun zakat penghasilan, fidiyah maupun sedekah, kebutuhan mudik, perlengkapan makanan sajian saat lebaran dan perlengkapan busana atau ibadah.

“Kedua atur prioritas, dalam mengatur kebutuhan perlu adanya prioritas yang direncanakan mulai dari kebutuhan yang sifatnya wajib, butuh atau ingin. Upaya mengatur prioritas ini dimaksudkan agar dalam mengalokasikan kebutuhan dapat menyesuaikan nominal THR yang diterima,” imbuhnya lagi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.