Kompas.com - 22/08/2020, 09:53 WIB
Ilustrasi difabel ShutterstockIlustrasi difabel
|

KOMPAS.com - Meski sebuah keluarga diberikan anugerah anak yang memiliki kemampuan istimewa dibanding anak lain, tetapi keluarga itu harus kuat.

Anak penyandang disabilitas, secara khusus harus diberikan pola asuh yang berbeda. Tetapi, bagaimana orang tua mengasuh anugerah yang istimewa tersebut?

Bagaimana pola asuh anak dengan kemampuan istimewa tersebut? Terlebih pada anak usia dini, orang tua harus paham pola asuhnya.

Baca juga: Berikut Tips Membangun Keterampilan Sosial pada Anak Usia Dini

Melansir akun resmi Instagram Sahabat Keluarga Kemendikbud RI, Sabtu (22/8/2020), ini pola pengasuhannya:

Tunadaksa

Bagi orang tua yang memiliki buah hati tunadaksa, maka bisa memberikan bimbingan bina diri dan bina gerak. Misalnya saja mengurus diri, merawat diri, menolong diri, dan latihan gerak (motorik halus dan motorik kasar).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tunagrahita

Untuk anak tunagrahita, orang tua bisa memberikan bimbingan bina diri, misalnya mengurus diri, merawat diri, dan menolong diri.

Kesulitan belajar

Orang tua bisa memberikan bimbingan cara belajar secara khusus sesuai dengan kesulitan belajar si buah hati tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X