Soal Ibu Emosi Saat Mengajar Anak Matematika, Ini 3 Tips Penting Psikolog

Kompas.com - 08/09/2020, 21:01 WIB
Ilustrasi anak yang sedang belajar dari rumah bersama orang tua. DOK. PEXELSIlustrasi anak yang sedang belajar dari rumah bersama orang tua.

KOMPAS.com – Menanggapi video viral di media sosial mengenai ibu berinisial MA yang memukuli anaknya saat mengajarkan materi matematika, Anna Surti Ariani selaku psikolog keluarga dan anak menghimbau agar masyarakat tidak buru-buru menghakimi.

“Jadi daripada dia (MA) dihakimi misalnya dengan video tentang dia untuk kegiatan apapun, kemudian diviralkan gitu ya. Ada baiknya justru dicarikan solusi-solusi supaya para orangtua bisa memberikan pendidikan yang lebih tepat untuk anaknya,” jelas Anna yang akrab disapa Nina pada Senin (7/9/2020) lewat telepon.

Meski begitu, Nina tetap tidak membenarkan kejadian MA yang memukul anaknya dengan selang ketika tidak cepat mengerti pelajaran matematika.

Baca juga: Najelaa Shihab: Orang Tua Tidak Memberi Anaknya Kesempatan Salah

Namun, Nina mengatakan, pasti ada alasan-alasan tertentu sampai hal tersebut terjadi.

“Ketika kita jadi lebih tau itu alasannya mengapa, maka kita kemudian tidak bersifat judgmental hanya menyalahkan ibu,” tegas Nina.

Bagi Nina, keterangan dari polisi yang ada belum menjelaskan secara detail mengenai kondisi keluarga tersebut.

Maka dari itu, perlu adanya penelusuran lebih lanjut untuk membantu mencarikan solusi terbaik untuk MA dan keluarganya.

Permasalahan video viral

Bermula dari sebuah video yang diunggah oleh beberapa akun di media sosial Facebook sejak Rabu (2/9/2020), permasalahan MA dengan anaknya pun menjadi viral.

Video yang direkam oleh tetangga sekitarnya di Turen, Malang, menunjukkan MA sedang marah dan memukul kaki sebelah kiri anak dengan selang.

Kasat Reskrim Polres Malang AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo menyampaikan, MA diduga geram karena anaknya tetap merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas matematika dari sekolah. Padahal MA sudah mengajarkannya berkali-kali.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X