Kompas.com - 12/07/2021, 15:56 WIB
Ilutsrasi anak bermain mainan. todaysparent.comIlutsrasi anak bermain mainan.
|

KOMPAS.com - Umumnya, anak kecil suka bermain. Ini karena bermain merupakan aktivitas yang tak bisa dilepaskan dari dunia anak.

Melalui bermain, anak bisa berpikir, berinteraksi, dan terlibat secara aktif dengan lingkungannya. Bermain juga dapat membantu berbagai aspek perkembangan anak tumbuh secara optimal, termasuk aspek perkembangan sosialnya.

Untuk itu, Ayah dan Bunda perlu memberikan ruang bagi anak untuk bermain. Sebab, saat bermain anak dapat menunjukkan perkembangan sosial melalui berbagai interaksi yang dilakukannya.

Baca juga: Orangtua, Begini 5 Cara Disiplinkan Anak yang Benar

Tentu, interaksi ini menunjukkan adanya berbagai tahap bermain berdasarkan tingkat perkembangan sosial anak.

Tahapan tersebut oleh Milded Patren dikategorikan menjadi 6 jenis yang dibedakan berdasarkan bentuk interaksi anak usia dini.

Melansir laman Ruang Guru PAUD Kemendikbud Ristek, Jumat (9/7/2021) berikut 6 tahapan bermain yang menggambarkan tingkat perkembangan sosial anak:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Bermain Unoccupied

Pada tahap ini anak belum terlibat langsung dalam kegiatan bermain, ia lebih banyak mengamati segala sesuatu yang menarik perhatian.

Baik berupa kegiatan anak lain maupun kejadian-kejadian di sekitarnya. Jika anak tak menemukan hal menarik perhatiannya, ia akan bermain dan menyibukkan dirinya sendiri.

Misalnya dengan menyentuh-nyentuh bagian tubuhnya, bergerak tak beraturan, dan sebagainya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.