Kompas.com - 28/12/2021, 09:48 WIB
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini mengharuskan siswa ikut belajar dari rumah. Karena itu, metode kegiatan dan belajar dilakukan secara virtual.

Bahkan bukan hanya belajar, silaturahmi dengan keluarga jauh banyak dilakukan dengan virtual ditambah lagi dengan aktivitas anak di masa kekinian, semua dilakukan menggunakan gawai.

Karena itu, orangtua harus mengenali tanda-tanda kelelahan pada mata anak sehingga harus diistirahatkan. Hal ini sangat penting, karena sangat berpengaruh pada kesehatan mata dan tumbuh kembang mereka, jika kerap dibiarkan.

Baca juga: Ini Tips Jaga Kesehatan Mata dari Dokter RSND Undip

Tanda-tanda mata lelah

Melansir laman Ruang Guru PAUD Kemendikbud Ristek, berikut ini adalah tanda-tanda mata lelah pada anak:

  • Mata terasa nyeri, pedih atau gatal
  • Mata nampak terlihat kemerahan
  • Mata berair
  • Anak nampak terlihat sering mengusap mata
  • Terjadi keluhan kepala pusing pada anak

Kelelahan pada mata biasanya disebabkan beberapa faktor, seperti:

  • menatap gawai dalam waktu yang cukup lama
  • terlalu lama membaca dalam pencahayaan yang kurang terang
  • terpapar cahaya yang menyilaukan.

Tips jaga kesehatan mata

Kelelahan pada mata juga akan berakibat pada kesehatan mata yang permanen, untuk itu berikut adalah 6 tips jaga kesehatan mata pada anak:

1. Mengontrol waktu menggunakan gadget pada anak

Batasi penggunaan gadget pada anak setiap harinya,lebih baik berikan kegiatan bermain yang bisa dilakukan anak bersama dengan ayah dan bunda dengan menggunakan alat dan bahan yang bisa didapatkan disekitar rumah.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini Mata Kuliah Teknik Industri yang Dipelajari

2. Mengatur jarak saat anak bermain dengan gadget

Penting untuk memperhatikan jarak mata anak pada layar gawai. Jangan biarkan anak untuk melihat gadget dengan jarak dekat secara terus menerus. Karena ketika anak selalu melihat gadget dengan jarak dekat secara terus menerus dapat menyebabkan mata menjadi mudah lelah dan tidak fokus.

Perhatikan ketika anak menggunakan gadgetnya, jarak ideal agar mata tetap sehat adalah 30 hingga 40 cm, dan pastikan posisi gadet tidak sejajar dengan posisi mata.

3. Gunakan aturan 20-20-20

Bantu anak untuk sering mengistirahatkan mata dari layar dengan aturan 20-20-20. Para dokter menyarankan metode ini sebagai kebiasaan yang harus ditanamkan untuk menjaga kesehatan mata, terutama pada anak-anak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.