Kompas.com - 17/04/2022, 06:17 WIB
|

KOMPAS.com - Tidak hanya berolahraga, tetapi menjaga daya tahan tubuh juga penting dilakukan terlebih pada masa pandemi Covid-19 serta di bulan Ramadhan 2022 ini.

Namun, bagaimana caranya agar tubuh tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa ini?

World Health Organization (WHO) – Eropa telah menerbitkan panduan tentang cara makan sahur dan berbuka selama bulan Ramadhan.

Baca juga: Akademisi UGM: Ini Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

Menurut Alumnus Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Bambang Priyambodo, ternyata nutrisi saat dibutuhkan oleh tubuh di saat puasa.

Maka dari itu, ia memberikan tips serta panduan kecukupan nutrisi saat puasa yang direkomendasikan oleh WHO. Informasi dilansir dari laman UGM.

Sangat dianjurkan untuk sahur

Sahur adalah makan ringan sebelum menjalani puasa setiap hari. Ini berlaku terutama untuk kelompok khusus seperti orang yang lebih tua, remaja, wanita hamil dan ibu menyusui, serta anak-anak yang memilih untuk berpuasa.

Adapun makanan yang merupakan sarapan ringan, perlu disertakan juga sayuran, satu porsi karbohidrat seperti nasi atau roti/roti gulung yang terbuat dari gandum atau beras.

Makanan kaya protein seperti produk susu (keju yang tidak asin/susu) dan atau telur, serta lauk pauk serta teh.

Baca juga: Manfaat Olahraga Saat Puasa ala Dosen Unesa

Perbanyak minum air dan makanan yang melembabkan

Dijelaskan bahwa minum banyak air antara jam buka puasa dan sahur sangat baik. Karena temperatur yang tinggi juga dapat membuat tubuh berkeringat lebih banyak, jadi penting untuk minum cairan untuk menggantikan apa yang hilang pada siang hari.

Perlu tambah asupan air dengan mengonsumsi makanan yang mengandung air. Cobalah menambahkan semangka pada santapan sahur atau memakannya sebagai suguhan manis setelah berbuka puasa. Salad hijau seperti mentimun dan tomat adalah contoh buah-buahn yang dapat menghidrasi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.