Kompas.com - 27/08/2020, 05:12 WIB
Tahapan perkembangan bahasa anak dari Kemendikbud. Tangkapan layar laman Direktorat PAUD KemendikbudTahapan perkembangan bahasa anak dari Kemendikbud.
|

KOMPAS.com - Bagi orang tua yang memiliki anak usia dini, maka harus paham dengan perkembangan anaknya. Terlebih mengenai perkembangan bahasa anak.

Setiap anak perkembangan bahasanya berbeda-beda. Oleh karena itu, penting sekali agar orang tua paham perkembangan bahasa anaknya.

Selain untuk berkomunikasi, bahasa juga merupakan jendela ilmu pengetahuan. Melalui bahasa anak bisa tahu banyak pengetahuan lain.

Merangkum dari modul pembelajaran jenjang PAUD yang dikeluarkan oleh Direktorat PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), berikut ini dijelaskan mengenai tahapan perkembangan bahasa anak.

Baca juga: Simak Pentingnya Peran Ayah bagi Anak Usia Dini

a. Tahap awal membaca (usia 0-3 tahun)

1. Pada tahap awal membaca, anak usia dini usia 0-3 tahun senang bereksplorasi dengan buku, majalah, katalog, dan lain-lain.

2. Anak melakukan eksplorasi dengan menyentuh langsung, melihat, merasakan, mencium baunya, dan mendengarkan kata-kata yang dibacakan dengan suara agak keras.

3. Anak senang mendengarkan cerita dengan banyak kalimat pengulangan, suara-suara ekspresif yang dramatis. Selain itu anak juga senang dengan buku-buku yang memuat gambar foto objek yang sesuai dengan dunia anak (hewan, tumbuhan).

4. Anak mulai belajar memegang pensil dan krayon untuk mencoret-coret.

5. Anak di usia ini sedang belajar bahwa tulisan membawa sebuah pesan-suatu cara untuk berkomunikasi-karena anak sering melihat orang-orang di sekitarnya menulis.

6. Pada tahap ini coretan lambat laun berubah dari gerakan lingkaran besar menjadi gambaran dan tulisan seperti coretan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X